Minggu, September 20, 2009

UAS Intro to Marketing "makalah Visit Indonesia 2008"

Resume

Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia. Indonesia memiliki beribu-ribu pulau dengan penduduk yang sangat padat sehingga memiliki banyak sumber daya manusia tetapi hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab banyaknya pengangguran. Indonesia juga memiliki beraneka ragam budaya dan sumber daya alam tetapi sangat disayangkan karena budaya-budaya dan SDA tersebut kurang dikelola serta dikomunikasikan dengan baik sehingga banyak turis mancanegara yang hanya mengenal salah satu provinsi yaitu Bali. Sangat ironis karena Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang tidak lepas dengan kemacetan lalu lintas, banjir, dan sistem pemerintahan yang dianggap kurang bertanggung jawab.

Thailand juga merupakan salah satu Negara di Asia yang dikenal dengan salah satu hewan khas mereka yaitu gajah. Thailand adalah Negara yang sangat erat dengan keagamaan khususnya Buddha, candi-candi dan hal-hal mistis. Selain itu, Thailand juga dikenal dengan keindahan panorama pantainya yaitu Pantai Pattaya. Kehidupan malam merupakan kondisi yang tidak asing bagi Thailand dan penduduknya. Banyaknya prostitusi dan waria juga turut mengisi kehidupan para penduduk Thailand.

Malaysia merupakan Negara di Asia yang dianggap serupa dengan Indonesia karena memiliki bahasa yang hampir serupa serta mayoritas penduduk islam yang berada di Negara tersebut. Malaysia juga dianggap oleh sebagian orang sebagai Negara yang tidak mempunyai jati diri karena kadangkala meniru budaya dari Negara lain. Namun, Malaysia memiliki bangunan yang terkenal yaitu gedung Petronas. Malaysia juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Genting, Sanwai, Lagoon.

Singapore dianggap sebagai Negara di Asia Tenggara yang terbaik karena kebersihan, disiplin, tertib, sangat teratur, serta modern. Singapore juga memiliki tempat wisata yang indah, menarik, terawat dan terpelihara. Pusat perbelanjaan bisa dikatakan sebagai salah satu image bagi Negara Singapore.

Vietnam dikenal sebagai Negara dimana sering terjadi perang. Oleh karena itu banyak peninggalan perang dan sejarah. Namun, banyak yang beranggapan bahwa Vietnam merupakan Negara yang kurang menarik bahkan tidak menarik serta tidak mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh Vietnam. Hal tersebut dikarenakan kurangnya promosi dan komunikasi untuk Negara Vietnam itu sendiri.

1. make a brief comment abut Branding Africa in Bahasa Indonesia, maximal 1 pages.

Brand merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki produk atau service karena brand dapat membuat produk tersebut dikenal oleh masyarakat. Brand merupakan apa yang dikatakan oleh orang lain mengenai sebuah produk. Namun,brand tidak hanya dimiliki oleh produk tetapi juga negara dapat memiliki brand. Salah satu negara yang akan dibahas berkaitan dengan brand adalah Afrika.

Banyak persepsi yang dilontarkan oleh banyak orang mengenai Afrika. Tetapi sungguh ironis karena kebanyakan orang mempunyai persepsi yang negative mengenai Negara Afrika. Kemiskinan, penyakit, kejahatan, masalah politik, kelaparan, penyalahgunaan hak, dan korupsi, merupakan kondisi yang tedapat pada Afrika. Sampai saat ini, usaha pemerintah dalam mengubah persepsi negative dari masyarakat bahkan negara lain menjadi positif dengan cara :

  • Tidak membuang uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Hal tersebut sangat baik karena dengan begitu, akan memungkinkan untuk memperbaiki masalah perekonomian di Afrika.
  • Mengiklankan Negara Afrika. Hal tersebut sangat baik untuk memperkenalkan Afrika kepada seluruh dunia sekaligus mengangkat nama Afrika dengan menonjolkan kepada potensi- potensi yang dimiliki oleh Afrika yang mungkin sebelumnya tidak diketahui oleh negara lain.
  • Membangun brand Afrika merupakan tindakan yang baik karena akan sangat berpengaruh bagi kehidupan internasional dan membantu dalam hubungan kerjasama dengan negara lain.

2. Based on paper above, do you think Indonesia can success with Visit Indonesia year 2008?

a. Make segmentation from tour market in Asean.

Jenis segmentasi yang digunakan adalah Geografis dan demografis (social grades), yaitu mengundang para wisatawan dari Negara Thailand, Singapore, Malaysia, dan Vietnam yang bekerja sebagai pengusaha khususnya para manager, professional,dan higher managerial.

b. Mention the differential advantage from a tour market in each country, like Indonesian, Thailand, Malaysia, Singapore, and Vietnam.

Indonesia mempunyai keunggulan dalam hal keanekaragaman budaya, suku, bahasa, dan tempat pariwisata. Bali merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di seluruh dunia. Selain itu, Indonesia juga memiliki tempat wisata lainnya, seperti Taman Wisata Laut, Kepulauan Padaido di Papua, Taman Nasional Laut Wakatobi di Ambon, dan Taman Wisata Laut Derawan, Maratua, Sangalaki, Kakaban, dan Berau di Kalimantan. Bunaken dan Manado Tua yang berada di sebelah utara Taman Nasional Bunaken, misalnya. Bunaken yang merupakan kawasan konservasi ini
memiliki keanekaragaman hayati pesisir dan laut yang sangat tinggi.

Malaysia mempunyai keunggulan dalam menangguk wisatawan karena lebih menekankan wisata "tradisional" dan memakai Badan Promosi Pariwisata. Misinya memasarkan Malaysia sebagai tujuan wisata unggul dan menjadikan sebagai kontributor utama pembangunan sosial-ekonomi. Tujuannya, menimbulkan kesadaran tentang budaya, atraksi, dan "keajaiban yang unik" Malaysia. Sasarannya meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperpanjang waktu tinggal. Tiga perempat wisatawannya berasal dari Singapura, Thailand, Indonesia, dan Brunei Darussalam.

Singapore mempunyai keunggulan dalam prestasinya dalam kehidupan ekonomi tang bertumbuh pesat dan menjadi pusat perdagangan di dunia. Data survei dari Mercer Human Resource Consulting menyatakan bahwa Singapura menduduki urutan ke-5 di Asia dalam standar kehidupan termahal dan dalam urutan ke 14 di dunia.

Thailand mempunyai keunggulan dalam tempat wisata yang mempesona seperti Phuket & Krabi yang menawarkan pesona laut Andaman yang sangat cantik, atau Chiang Mai & Chiang Rai yang memiliki suasana sejuk dan santai di pegunungan utara. Secara geografis, Thailand terbagi enam: perbukitan di utara di mana gajah-gajah bekerja di hutan dan udara musim dinginnya cukup baik untuk tanaman seperti strawberry dan peach.

Vietnam mempunyai keunggulan dalam peninggalan- peninggalan pada saat perang, seperti Pesawat terbang, tank dan bangkai perang lainnya, juga dikumpulkan dalam Museum War Remnants, tak jauh dari kota Ho Chi Minh, untuk dijual kepada wisatawan. Untuk objek alam, Sungai Saigon yang lebar dan berair keruh, juga dijual dalam paket berperahu sambil makan malam. Delta Mekong yang menjadi pusat pertanian, menjadi objek kunjungan yang tidak kalah menarik.

c. Make a total comparation about the tourist visiting in Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore, and Vietnam.

Negara

Jumlah wisatawan

Indonesia

Malaysia

Singapore

Vietnam

Thailand

3.355.281

13.574.786

37.822

55.000

200.000

d. How much cost does it take from each country to attract tourist to their own country?

Negara

Anggaran

Indonesia

Malaysia

Singapore

Vietnam

Thailand

300M

105.7M

10 juta dollar Singapore

13 juta dollar

2.5 M bath

e. Do a market research towards 30 people around you about their own perception about tourist place in Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore, and Vietnam ?

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Ressa

Usia : 19 tahun

HP : 085697914188

Indonesia : Negara yang kaya akan sumber daya alam tetapi memiliki sumber daya manusia yang kurang terlatih.

Thailand : Negara prostitusi, olahraga yang baik terutama Thai boxingnya.

Malaysia : Negara yang tidak mempunyai jati diri sehingga mengambil budaya Negara lain.

Singapore: Tempat shoping yang bagus

Vietnam: Negara komunis.

Nama : Fenty yolanda

Usia : 18 tahun

HP : 081808369669

Indonesia : kotor dan tidak terawat

Thailand: biasa saja

Malaysia: harga barang-barang di sana murah

Singapore: bersih dan terawat

Vietnam : no comment.

Nama : Juita

Usia : 18 tahun

HP : 081808071172

Indonesia : banyak budaya.

Thailand : terdapat Thai Girls show dan gajah putih.

Malaysia: terdapat menara petronas, KLCC, Genting.

Singapore: bersih, Orchad Road, Merlion.

Vietnam: perang Vietnam.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Eggy S.

Usia : 19 tahun

HP : 081932655201

Indonesia : banyak tempat wisata yang tidak terawat.

Thailand: banyak waria

Malaysia: sering terdapat pencopet

Singapore: tempat hang out yang paling bagus.

Vietnam: Negara yang kurang promosi.

Nama : Yoana

Usia : 19 tahun

HP : 0818722260

Indonesia : banyak tempat wisata yang kurang terawatt.

Thailand: banyak terdapat pantai yang bagus.

Malaysia: banyak jalanan yang rusak

Singapore: bersih, teratur, dan disiplin

Vietnam: mulai berkembang

Nama : Laura

Usia : 18 tahun

HP : 08174922610

Indonesia: banyak tempat wisata yang kurang terawat dan kurang promosi.

Thailand: eksotis dan banyak pantai namun tekhnologi yang masih kurang.

Malaysia: tempat wisata yang sedikit ( Genting, Sanwei, lagoon) dan banyak jalanan yang rusak.

Singapore: bersih, disiplin, tertib, bersih, namun mahal.

Vietnam: kurang promosi.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Maria Helen

Usia : 19 tahun

HP : 081932542626

Indonesia : banyak SDM dan SDA namun tidak dikelola dengan baik.

Thailand: banyak waria.

Malaysia: suka meniru budaya Negara lain.

Singapore: bersih, disiplin, the best in Asia

Vietnam: no comment.

Nama : Sevina

Usia : 18 tahun

HP : 08567989972

Indonesia : kaya akan SDA, macet, banjir, polusi, dan tidak tertib.

Thailand: waria yang cantik dan tempat wisata yang menarik.

Malaysia: islam yang kental, kurang tempat wisata.

Singapore: bersih, disiplin, tertib, tempat wisata yang indah, mahal.

Vietnam: mulai berkembang.

Nama : Rizka

Usia : 18 tahun

HP : 085710256787

Indonesia: nice tourism place tetapi perawatan yang kurang.

Thailand: surga para ‘clubgoers’sejati dan budaya Buddha yang sangat kental.

Malaysia: tidak ada yang menarik karena tempat wisata yang sedikit.

Singapore: bersih dan surga belanja.

Vietnam: komunis dan Negara agraris.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Patricia

Usia : 18 tahun

HP : 08174945633

Indonesia : banyak tempat pariwisata.

Thailand: pemandangan yang bagus.

Malaysia: lumayan maju.

Singapore: sangat bagus.

Vietnam: kurang mengetahui.

Nama : Eva

Usia : 18 tahun

HP : 08999241311

Indonesia : Bali Paradise Island.

Thailand: penghasil beras yang sangat baik.

Malaysia: melayu yang sangat kental.

Singapore: sangat makmur.

Vietnam: kurang mengetahui.

Nama : Hengky

Usia : 18 tahun

HP : 081806547354

Indonesia: banyak tempat wisata yang indah.

Thailand: banyak hiburan malam, gajah dan hal mistis.

Malaysia: hampir serupa dengan Indonesia tetapi merela lebih bisa mengolah.

Singapore: the best country in ASEAN.

Vietnam: banyak perang sehingga banyak peninggalan perang.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Irene

Usia : 18 tahun

HP : 081806890877

Indonesia : banyak tempat wisata yang indah dan menarik tetapi kurang dikomunikasikan.

Thailand: terkenal dengan gajah dan tempat wisata religi.

Malaysia: Negara yang kecil, ramai dan ramah.

Singapore: Negara yang berkembang dan bersih.

Vietnam: Hinduism.

Nama : Caroline

Usia : 20 tahun

HP : 02199071053

Indonesia : bagus tetapi kurang dipromosikan.

Thailand: banyak candi.

Malaysia: sering meniru budaya Indonesia.

Singapore: tempat belanja.

Vietnam: kurang mengetahui.

Nama : Marshella

Usia : 17 tahun

HP : 085959159036

Indonesia: beraneka ragam budaya, suku, bahasa, dan macet.

Thailand: tempat wisata yang bagus

Malaysia: kurang kreatif

Singapore: bersih dan teratur

Vietnam: perang.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Rini Yulianti

Usia : 18 tahun

HP : 08176406933

Indonesia : sanagt bagus dalam SDA dan SDM tetapi kurang dikelola. Pariwisata tidak kalah dengan Negara Asia yang lain.

Thailand: pariwisata yang bagus dan mulai dikenal oleh Negara lain.

Malaysia: miskin budaya dan hanya dapat mencuri budaya dari Negara lain.

Singapore: bagus, rapi, dan bersih. Tempat belanja dan makanan.

Vietnam: tempat pariwisata setelah perang.

Nama : Ryan Yudhistira

Usia : 19 tahun

HP : 085692212032

Indonesia : banyak potensi yang dapat dikembangkan tetapi kuran dapat mengembangkan sehingga kurang terawat.

Thailand: lebih kearah religius

Malaysia: sama seperti Indonesia tetapi dirawat dan dikembangkan sehingga lebih aman dan bersih.

Singapore: sangat bagus.

Vietnam: kurang menarik.

Nama : Renato Wilman

Usia : 18 tahun

HP : 08999858572

Indonesia: banyak yang bisa dikembangkan tetapi kurang dijaga.

Thailand: banyak hiburan tradisional.

Malaysia: bisa menjaga obyek wisata

Singapore: sangat baik, terjaga dan terpelihara.

Vietnam: tidak menarik.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama :Rieska Paramitha

Usia : 18 tahun

HP : 085697182887

Indonesia : Indonesia mempunyai tempat pariwisata yang bagus tetapi kurang dirawat.

Thailand: mempunyai pantai Pattaya yang indah.

Malaysia: kurang menarik.

Singapore: salah satu Negara yang merupakan pusat perbelanjaan terlengkap di Asia.

Vietnam: kurang terkenal.

Nama : Putri

Usia : 18 tahun

HP : 0812803499

Indonesia : banyak polusi.

Thailand: mempunyai obyek wisata yang bagus.

Malaysia: bersih.

Singapore: modern.

Vietnam: mie vietnam yang lezat.

Nama : Pandu

Usia : 19 tahun

HP : 081808707100

Indonesia: sangat kaya akan budaya.

Thailand: negeri gajah putih.

Malaysia: banyak pencopet, pembunuhan, sadis.

Singapore: sangat menyenangkan.

Vietnam: Ho chimin.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : william

Usia : 19 tahun

HP : 081807575705

Indonesia : banyak budaya dan pulau.

Thailand: nice sun, nice sand, nice food.

Malaysia: Negara kerajaan.

Singapore: modern.

Vietnam: mahir dalam perang dan ekonomi yang sulit.

Nama : Medy

Usia : 18 tahun

HP : 085697363348

Indonesia : banyak tempat yang baik tetapi tidak terawat.

Thailand: sangat baik.

Malaysia: buruk

Singapore: sangat menarik.

Vietnam: menarik.

Nama :Lieona freskalia

Usia : 18 tahun

HP : 085921523473

Indonesia: banyak tempat wisata tetapi kurang dikembangkan.

Thailand: Negara dan budaya yang unik.

Malaysia: tidak terlalu berbeda dengan Indonesia.

Singapore: tempat transit Negara-negara lain.

Vietnam: banyak sejarah kuno yang menarik.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Sheila

Usia : 18 tahun

HP : 08176402684

Indonesia : Negara yang padat akan penduduk sehingga banyak pengangguran.

Thailand: Negara penghasil beras terbaik dan terkenal dengan kehidupan malam.

Malaysia: Negara yang fanatic dengan islam dan banyak kebudayaan yang unik.

Singapore: banyak tempat wisata dan tempat belanja.

Vietnam: perang Vietnam.

Nama : Anggita

Usia : 23 tahun

HP : 085697317641

Indonesia : beragam tetapi kurang dikembangkan.

Thailand: terkenal dengan tempat yang bernilai kebudayaan.

Malaysia: paling menarik mewakili Asia.

Singapore: budaya tidak sebanyak Indonesia tetapi sudah dikembangkan.

Vietnam:kurang mengetahui.

Nama : Ivi

Usia : 19 tahun

HP : 085645848222

Indonesia: kotor dan tidak terawat.

Thailand: terkenal dengan kehidupan malam.

Malaysia: Menara petronas.

Singapore: pusat belanja.

Vietnam: kurang menarik.

Tuliskan pendapat anda mengenai Negara-negara Asia di bawah ini!

Nama : Inge

Usia : 18 tahun

HP : 0818414643

Indonesia : obyek wisata terutama Bali sangat bagus.

Thailand: kuliner yang beraneka ragam

Malaysia: dekat dengan Indonesia, budaya yang hampir serupa dengan Indonesia.

Singapore: banyak tempat belanja dan tempat wisata yang menarik.

Vietnam: budaya dan tempat wisata yang beraneka ragam.

Nama : oktavia

Usia : 21 tahun

HP : 08176020776

Indonesia : budaya yang sangat beraneka ragam tetapi kurang dikelola dan pemerintahan yang kurang bertanggung jawab.

Thailand: banyak buah yang subur seperti durian Bangkok.

Malaysia: Negara yang mampu bersaing.

Singapore: bersih dan sangat berkembang.

Vietnam: mempunyai teknologi perang yang canggih.

Nama : Sagita Junrizki

Usia : 19 tahun

HP : 085695723506

Indonesia: budaya yang beraneka ragam.

Thailand:kentalnya religion khususnya Buddha.

Malaysia: gedung petronas.

Singapore: kotanya tertata dengan baik

Vietnam: no comment.

3. If you are the marketing director for Indonesia Visit Year 2008, what kind of strategy that you will use according from the data in number 2 question .

a. Define the objective from visit Indonesia 2008.

Tujuan dari Indonesia Visit Year 2008 adalah untuk memperbaiki nama Indonesia di mata dunia dan menarik para wisatawan asing dan dalam negeri untuk datang ke Indonesia dengan memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Indonesia sekaligus menjalin hubungan kerjasama antar Negara.

b. Make a marketing strategy of Visit Indonesia Year 2008.

i. Marketing strategy in global

Marketing strategy untuk Indonesia Visit Year 2008 adalah memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia dengan potensi-potensi yang dimiliki oleh Indonesia sehingga dapat menarik para wisatawan untuk datang ke Indonesia.

ii. Advertising Strategy, Public Relation, and Event.

Advertising Strategy

Membuat website untuk Indonesia dimana memuat tentang keanekaragaman budaya, suku, bangsa, tarian, lagu, dan sumber daya alam, tempat pariwisata selain Bali (cth: Bunaken di Sulawesi Utara, Kepulauan Papaido di Papua, dan lain-lain) untuk dapat dilihat oleh seluruh dunia. Kemudian kita juga dapat bekerjasama dengan mass media di luar negeri, seperti CNNI, BBC world, Australia Network, Channel News Asia, Al Jazeera Int’l, CNBC Asia (media elektronik) dan TIMES (media cetak). Kita juga dapat bekerjasama dengan agen pariwisata atau travel agent dalam mengkomunikasikan Negara Indonesia.

Public Relation

Memperbaiki nama Indonesia yang selama ini dianggap sudah bobrok dengan memperkenalkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki ke dalam mass media, website, dan lain-lain serta mengadakan press gathering dimana mengundang para wartawan dari berbagai media.

Event

Mengadakan konser di Bali yang merupakan Provinsi di Indonesia yang paling dikenal oleh masyarakat luar negeri dengan mengundang public figure yang terkenal sekaligus menyampaikan bahwa keadaan Indonesia yang aman dari bencana yang diadakan pada:

Hari/Tanggal : Jumat, 7 november 2008

Pukul : 18.00-21.00

Tempat : Hotel Hilton, Bali

iii. Marketing estimation

Jumlah pengunjung ke Indonesia pada tahun 2008 adalah 7.000.000 jiwa.

c. Make an implementation time for Marketing strategy of Visit Indonesia Year 2008

i. Marketing implementation inside the country

Untuk menyukseskan Visit Indonesia Year 2008, maka kita harus memberitahukan pada masyarakat mengenai tujuan dari Visit Indonesia Year 2008, serta membuat Indonesia menjadi lebih baik dengan memperbaiki dan meningkatkan mutu sarana dan prasarana yang ada di Indonesia.

ii. Advertising execution and an advertising example.

Advertising yang dilakukan adalah dengan menggunakan poster yang ditempelkan pada banyak tempat.

(contoh poster ada pada halaman berikutnya).

iii. Program implementation of Public Relations.

Mengadakan press conference mengenai event yang diadakan dengan mengundang para wartawan dari berbagai media untuk mengubah persepsi negative dari masyarakat yang diadakan pada:

Hari/ tanggal : Jumat, 4 Juli 2008

Pukul : 13.00-15.00 WIB

Tempat : Hotel Mulia, Jakarta Selatan.

iv. Event promotion implementation of Visit Indonesia Year 2008.

Untuk Event promotion, akan diselenggarakan konser yang bertemakan “Indonesia the Real Asia.” dimana menampilkan tari-tarian daerah Indonesia Pada:

Hari/tanggal : Minggu, 6 Juli 2008

Pukul : 18.00-21.00 WIB

Tempat : Sumatera Barat .

Dan turut mengundang artis papan atas seperti 3 Diva, Glenn Fredly, Rio Febrian, dan Agnes Monica. Serta artis-artis dari luar negeri, yaitu Maria Carey dan Keith Martin.

4. How that makes you sure, the strategy you have made will be successfull?

Strategy untuk Visit Indonesia 2008 sudah direncanakan dengan matang dan dengan banyak pertimbangan. Dimulai dari tujuan diadakan Visit Indonesia yaitu untuk memperbaiki nama Indonesia di mata dunia yang kemudian disusul dengan press conference baik global maupun dalam negeri guna bekerjasama dengan media untuk memberitakan potensi-potensi yang dimiliki Indonesia dan tujuan dari Visit Indonesia Year 2008. Event dengan konser yang juga membantu untuk mengingatkan dan membuka mata masyarakat Indonesia bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang tidak ternilai bahkan memiliki keunikan yang beranekaragam. Dan juga turut mengundang public figure yang tidak asing lagi di mata masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih menghargai pada apa yang sudah dimiliki selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar