Kamis, September 17, 2009

Komunikasi Antar Budaya

Essay

1.Komunikasi antarbudaya merupakan suatu kegiatan yang semakin meningkat dilakukan setiap orang karena saat ini dunia dipenuhi oleh masyarakat yang bersifat mobil dan dinamik, siap menghadapi situasi baru dalam konteks apapun dan berjumpa dengan partner- partner komunikasi yang belum pernah dijumpai sebelumnya. KAB menjadi semakin luas dan kompleks, tidak hanya menyangkut nilai- nilai budaya saja tetapi juga aspek- aspek social, ekonomi, politik, ekonomi, teknologi dan berbagai aspek lainnya.

2. latar belakang yang mendorong pentingnya melakukan komunikasi antarbudaya adalah semakin meningkatnya kontak-kontak komunikasi dan hubungan antar berbagai bangsa dan Negara. Mempelajari masalah-masalah komunikasi antarbudaya menjadi semakin penting dan dari berbagai permasalahan, orang mulai menyadari cara-cara untuk berhubungan dalam konteks antarbudaya tidaklah sesederhana yang dipikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, manusia mulai mempelajari komunikasi antarbudaya.

3. Komunikasi antarbudaya adalah:
- proses komunikasi antar individu atau kelompok- kelompok yang berbeda kebudayaan, yang mencoba berinteraksi.
- komunikasi yang terjadi dalam suatu kondisi yang menunjukkan adanya perbedaan budaya seperti bahasa, nilai- nilai, adat, dan kebiasaan.(Stewart, 1976)
- proses pertukaran pikiran dan makna di antara orang- orang yang berbeda kebudayaannya.( Gerhard Maletzke, 1976)
- seni untuk memahami dan dipahami oleh khalayak yang memiliki kebudayaam lain. (Sitaram, 1970)

4.Contoh- contoh dimensi tingkat masyarakat kelompok budaya dan para pelaku yang perlu diperhatikan dalam komunikasi antarbudaya adalah komunikasi antar individu dengan kebudayaan nasional yang berbeda( seperti wirausaha Jepang dengan wirausaha Indonesia), komunikasi antar individu dengan kebudayaan ras etnik yang berbeda (seperti antar pelajar penduduk asli dengan guru pendatang.

5. Contoh- contoh dimensi social yang perlu diperhatikan dalam komunikasi antarbudaya adalah bisnis, organisasi, pendidikan, akulturasi imigran, politik, pelancong/ pendatang sementara, perkembangan alih teknologi/ pembangunan, konsultasi terapi. Komunikasi dalam semua konteks social tersebut pada dasarnya memilih persamaan dalam unsur- unsur dasar dan proses komunikasi. Variasi kontekstual misalnya: komunikasi antar orang Indonesia dan Jepang dalam suatu transaksi dagang akan berbeda dengan komunikasi antar keduanya dalam berperan sebagai dua mahasiswa dari suatu universitas.

6.Contoh-contoh dimensi saluran dalam komunikasi antarbudaya adalah orang Indonesia menonton melalui TV keadaan kehidupan di Afrika, akan memiliki pengalaman yang berbeda dengan keadaan apabila ia sendiri berada di sana dan melihat dengan mata kepala sendiri. Umumnya, pengalaman komunikasi antarpribadi dianggap memberikan dampak yang lebih mendalam.

Pilihan Ganda

1.A (Dunia)

2.C (budaya melalui bahasa)

3.D (budaya)

4.B (The Ugly American)

5.A (The Silent Language)

6.C (perbedaan nilai dan cara memandang kehidupan)

7. A (proses komunikasi)

8.A (tingkat masyarakat kelompok budaya, konteks social dan saluran yang dilalui pesan)































KOMUNIKASI DAN KEBUDAYAAN

Essay

1.Komunikasi dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat karena kebudayaan diciptakan dan dipertahankan melalui aktivitas komunikasi para individu anggotanya. Secara kolektif, perilaku mereka secara bersama- sama menciptakan realita (kebudayaan) yang mengikat dan harus dipatuhi oleh individu agar dapat menjadi bagian dari kebudayaan. Jika bukan karena kemampuan manusia untuk menciptakan bahasa simbolik, tidak dapat dikembangkan pengetahuan, makna, symbol, nilai, aturan, tata upacara, yang memberikan batas dan bentuk pada hubungan- hubungan, organisasi-organisasi dan masyarakat yang terus berlangsung. Demikian pula tanpa komunikasi tidak mungkin untuk mewarisi unsur- unsur kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sebaliknya, pola-pola berpikir, perilaku, acuan dari individu sebagian besar merupakan hasil penyesuaian diri dengan cara- cara khusus yang iatur dan dituntut oleh system social dimana mereka berada.

2. Hakikat kebudayaan dalam komunikasi Antarpribadi adalah kebudayaan menegaskan nilai- nilai dasar tentang kehidupan apa yang baik dan apa yang buruk, apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan. Pemahaman orang tentang hubungan- hubungan pribadi dan tanggung jawab terhadap anggota keluarga dan anggota masyarakat luas dipelajari mulai dalam lingkungan keluarga.

3.Tiga unsur social budaya menurut Samovar adalah :
- Sistem keyakinan, nilai, dan sikap
Keyakinan secara umum diartikan sebagai perkiraan secara subjektif bahwa suatu objek atau peristiwa lain, atau dengan nilai, konsep, atribut tertentu. Suatu objek atau peristiwa diyakini memiliki karakteristik- karakteristik tertentu. Keyakinan ini mempunyai derajat kedalaman atau intensitas tertentu.
Nilai merupakan aspek evaluatif dari system keyakinan, nilai, dan sikap. Nilai-nilai bisa bersifat unik dan individual tetapi ada juga yang cenderung merasuk dalam suatu kebudayaan yaitu nilai- nilai kebudayaan.
Sikap dirumuskan sebagai kecenderungan yang dipelajari untuk memberikan tanggapan secara konsisten terhadap objek orientasi tertentu.

-Pandangan hidup tentang dunia
Pandangan hidup tentang dunia,walaupun sebagai konsep dan deskripsi yang bersifat abstrak, ,merupakan salah satu yang terpenting dari aspek- aspek perceptual komunikasi antarbudaya. Pandangan hidup membantu kita untuk menentukan tempat dan tingkat kita sendii dalam alam semesta ini.

-Organisasi Sosial
Merupakan cara suatu kebudayaan mengatur diri dan pranata-pranatanya. Dua bentuk pengaturan social adalah :
Kebudayaan geografik, yaitu Negara, suku bangsa, kasta, sekte keagamaan, dan lain sebagainya.
Kebudayaan- kebudayaan peranan, yaitu keanggotaan dalam posisi- posisi social yang jelas batasannya dan lebih spesifik sehingga mempercepat perilaku komunikasi yang khusus pula.

4.10 klasifikasi umum sebagai model sederhana menurut Harris dan Moran adalah:
Komunikasi dan bahasa
Pakaian dan penampilan
Makanan dan cara makan
Konsep dan kesadaran tentang waktu
Pemberian imbalan dan pengakuan
Hubungan-hubungan
Nilai-nilai dan norma-norma
Konsep kesadaran diri dan jarak ruang
Proses mental dan belajar
Keyakinan (kepercayaan) dan sikap

5. Unsur- unsur kebudayaan menurut Ruben yang dapat menjadi sumber kesalahpahaman dan miskomunikasi adalah:
Cara-cara memberi salam dalam perjumpaan
Cara-cara mengunjungi kerabat di rumah
Cara-cara berpidato atau berbucara di muka umum
Cara-cara mengadakan pertemuan
Gerak isyarat nonverbal
Penampilan pribadi
Sikap umum
Bahasa
Agama
Hari-hari libur khusus
Unit sosia keluarga
Adat kebiasaan dalam kencan dan perkawinan
Tingkat-tingkat social ekonomi
Penyebaran kelompok
Pekerjaan
Maka dan makanan
Rekreasi
Sejarah dan pemerintah
Pendidikan
System perhubungan dan komunikasi
Kesehatan, kebersihan, fasilitas pengobatan
Dampak keadaan geografik dan iklim.


Pilihan ganda

1.A( pola-pola komunikasi yang khas dan kesamaan tingkah laku)

2.C(diperlukan komunikasi dan kebudayaan merupakan suatu kode)

3.D(bersifat kompleks, tidak dapat dilihat, dan berubah sejalan dengan waktu)

4.D(organisasi social; pandangan hidup tentang dunia; dan system keyakinan, nilai, dan sikap)

5.A (kebudayaan merupakan fondasi atau landasan bagi komunikasi. Sebab melaui komunikasi kita membentuk kebudayaan dan sebaliknya kebudayaan menentukan aturan dan pola- pola komunikasi).

6.A (kebudayaan merupakan sesuatu yang dipelajari. Sebab kebudayaan menyebabkan orang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan alam serta lingkungan sosialnya, sehingga kebudayaan bervariasi)

7.B (eksperensial)

8.A (sikap)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar